Persiapan Masuk PTN

Gaja Toba Beri Bimbel Gratis

Bimbel Gratis untuk murid SMA kelas XII (foto: Pemkab Humbanghas)
Bimbel Gratis untuk murid SMA kelas XII (foto: Pemkab Humbanghas)

HUMBANG HASUNDUTAN, BatakNature: Perkumpulan Gaja Toba Semesta yang disingkat Gaja Toba – kumpulan alumni Batak ITB – menyelenggarakan Bimbingan Belajar (Bimbel) gratis bagi siswa SMA kelas XII di 9 kabupaten di sekitar Danau Toba.

Peresmian kegiatan dilakukan pada 10 September lalu di Aula Hutamas, Perkantoran Bukit Inspirasi, Dolongsanggul. Acaranya sendiri dihadiri oleh anak didik dari 9 kabupatan, direktur Badan Otorita Danau Toba (BODT) Jimmy Panjaitan, kepala sekolah, dan guru pendamping siswa.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor berharap kegiatan seperti ini dapat terlaksana setiap tahunnya.

Acara ini juga dihadiri Direktur Badan Otorita Danau Toba (BODT) Jimmy Panjaitan, Kadis Pendidikan Humbang Hasundutan Drs. Jonny Gultom, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara Drs. Alfred Silalahi, M.Si, kepala sekolah dan guru pendamping siswa.

Gaja Toba yang berdiri pada 20 Mei 2016 ini memang memiliki visi “menjadi mitra strategis pemerintah kabupaten/kota di Kawasan Danau Toba untuk menyejahterakan masyarakatnya.” Untuk Bimbel gratis ini, Gaja Toba menggandeng Ganesha Operation, bimbel yang berdiri sejak 2 Mei 1984 di Kota Bandung. Kini, Ganesha Operation telah tersebar di 247 kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Ambon.

Saat menyampaikan kata sambutan, Ketua Harian Gaja Toba, Jeffrey Samosir berpesan agar siswa siswi tak gentar bersaing dengan SMA lainnya di Indonesia untuk masuk perguruan tinggi negri.

“Jangan surut dengan perbedaan mutu pendidikan antara desa dan kota. Dimanapun kita belajar, kalau ada kemauan kita pasti bisa bersaing,” katanya.